Sarung Tangan Tidak Direkomendasikan Sebagai Alat Perlindungan Terhadap Covid-19

0
62

rubriktangerang.id -Banyak yang kaget saat Dr. Mary E. Schmidt seorang spesialis penyakit menular dan anggota asosiasi profesor kedokteran klinis di Virginia Commonwealth University, mengatakan kepada CNBC (14/4) bahwa mengenakan sarung tangan bisa memberi rasa Anda aman , namun membuat orang menjadi kurang berhati-hati dalam kebersihan tangan,  seperti mencuci tangan atau tidak menyentuh wajah.

“Mereka berpikir bahwa telah terlindungi (setelah menggunakan sarung tangan -red), dan kemudian mereka menggunakan sarung tangan itu untuk menyentuh badan mereka sendiri atau menyentuh wajah mereka” ujar Schmidt

“Bila sarung tangan itu telah terkontaminasi oleh bakteri, maka itu sama saja seperti tanganmu yang telanjang (tidak menggenakan sarung tangan -red)”  jelas Schmidt

Hal senada juga di sampaikan oleh Molly Lixey, seorang perawat dari Michigan, Dia menjelaskan lebih gamblang dengan membagikan video di Facebook di mana Dia menunjukkan betapa mudahnya menyebarkan kuman saat mengenakan sarung tangan.

Video berdurasi 1.30 detik ini sempat viral dibagikan sebanyak 67.000 kali

Dalam video itu Lixey mensimulaikan bahwa Dia menggenakan sarung tangan  saat di mobil, kemudian masuk ke sebuah supermarket.

Kemudian saat di supermarket memegang beberapa baraang, sebagai contoh tisu, maka saat itu beberapa bakteri mulai menempel di sarung tangan.

Dalam video tersebut bakteri diumpamakan sebagai cairan lengket berwarna hijau, maka mulai tampak cairan hijau itu menempel di sarung tangannya.

Kemudian secara tidak sengaja menyentuh bagian wajah, sehingga bakteri menempel juga diwajah, digambarkan dengan wajahnya yang ada cairan hijau menempel di pipi dan hidung.

Lixey : “Tidak ada gunanya mengenakan sarung tangan jika Anda tidak mencucinya setiap kali menyentuh sesuatu” 

Dia memnambahkan bahwa saat memegang barang barang lain, maka barang barang yang semula “steril” akan menjadi terkontaminasi juga oleh sarung tangan tadi.

“Hal inilah yang dinamakan Cross Contaminanation” kata Lixey.

Morgen Super Hand Sanitizer, paling lengkap Anti Mikrobanya plus Tanpa Lengket, Tanpa Bilas, Lembut dan Segar ditangan

Tentang masalah sarung tangan ini, Seorang juru bicara Public Health England (PHE adalah Kesehatan Publik Di Inggris) juga mengatakan kepada The Independent bahwa “Tidak merekomendasikan penggunaan sarung tangan sebagai tindakan perlindungan terhadap Covid-19 untuk masyarakat umum”.

Juru Bicara PHE, Untuk orang yang khawatir dengan penularan,
seharusnya menjadi pribadi baik :
  1. Melindungi pernafasan
  2. Kebersihan tangan
  3. Tinggal di rumah
  4. Praktek sosial distancing.

Masalah timbul bilamana saat membersihkan tangan, namun di sekitar Anda tidak ada air mengalir dan sabun ? seperti dikutip CDC (lembaga penyakit menular di Amerika), disebutkan bahwa Anda dapat menggunakan hand sanitizer.

(* Amigo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here