Sejauh Mana Latihan Fisik Bermanfaat Bagi Lanjut Usia ?

0
48

Manfaat olahraga bagi lansia sangat banyak, seperti untuk kesehatan jantung, tulang yang lebih kuat, peningkatan fleksibilitas, menurunkan kemungkinan cedera dan ada manfaat tambahan yang mungkin tidak Anda duga adalah dapat meningkatkan suasana hati seseorang atau mengatasi stress bahkan depresi.

Seiring bertambahnya usia, massa otot manula mulai berkurang. Ketika kita memasuki usia empat puluhan, orang dewasa dapat kehilangan 3-5% massa otot setiap dekade berikutnya. Otot adalah kontributor penting untuk keseimbangan dan kekuatan tulang kita, tanpa masa otot mobilitas dan keseimbangan kita menjadi terganggu.

Latihan fisik juga merupakan kunci untuk fungsi kognitif. Para ilmuwan telah menemukan bahwa neuron otak – sel khusus yang melakukan semua fungsi yang diperlukan untuk membuat Anda tetap hidup, serta membantu Anda berpikir dan meningkatkan daya ingat Anda – semua meningkat setelah beberapa minggu berolahraga secara teratur. Faktanya, beberapa peneliti menemukan bahwa ketika individu berjalan tiga kali atau lebih dalam seminggu, terjadinya demensia 35% lebih rendah daripada manula yang tidak terlibat dalam aktivitas fisik apa pun.

Secara umum manfaat olaghraga bagi manula dapat dibagi menjadi 4 kelompok, sebagai berikut

1.Peningkatan penyembuhan
Olahraga teratur oleh manula dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka hingga 25%. Selain itu, tubuh yang sehat dan kuat dapat melawan infeksi dengan lebih baik dan membuat pemulihan dari penyakit atau cedera menjadi lebih mudah.

2. Pencegahan penyakit atau kondisi kronis
Menurut National Institute of Aging, berolahraga sebagai senior dapat menunda atau bahkan mencegah penyakit seperti diabetes, kanker, stroke, penyakit jantung dan osteoporosis.

3. Peningkatan keseimbangan dan stabilitas
Terjatuh adalah cedera nomor satu di antara para manula, dan olahraga teratur dapat membantu mencegahnya. Jatuh dapat menyebabkan cedera seperti pinggul patah atau tulang lainnya, dan olahraga adalah komponen kunci untuk meningkatkan fungsi otot dan keseimbangan.

4. Peningkatan Kualitas dan harapan hidup
Studi baru menemukan bahwa manula yang berolahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik mereka tetapi juga merasakan manfaat psikologis. Olahraga dapat membantu meringankan gejala depresi dan meningkatkan mood secara umum. Peningkatan mobilitas yang berasal dari olahraga teratur dan moderat dapat membantu senior mempertahankan kemandiriannya jika dilakukan dalam jangka panjang. Konsistensi berolahraga lebih penting daripada intensitas.

@dai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here