Terjadi Lonjakan Infeksi Listeria di Amerika Dihubungkan Dengan Jamur Enoki dari Korea

0
178

rubriktangerang.id -Disebutkan di Laman CDC, bahwa CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dan FDA (Food and Drug Administration) sedang menyelidiki lonjakan kejadian infeksi dibeberapa negara bagian di Amerika Serikat, terkait infeksi Listeria monocytogenes yang dikaitkan dengan jamur Enoki. Rabu (8/4/20)

Maka tindakan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut

Informasi Penarikan

H&C Food Inc. (on April 7, 2020), Guan’s Mushroom Co. and Sun Hong Foods, Inc. (on March 9, 2020) menarik produk jamur enoki sebab kemungkinan terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes

Jamur Enoki dari ketiga perusahaan dijual dalam kemasan plastik bening 7,05 oz / 200 g dengan label hijau. Anda dapat menemukan nama perusahaan di bagian belakang kemasan.

Saran untuk Konsumen, Pengecer, Restoran, dan Operator Layanan Makanan

Jangan makan, menyajikan, atau menjual jamur enoki yang ditarik dari H&C Food Inc, Guan’s Mushroom Co, Sun Hong Foods, Inc

Periksa kulkas (lemari es) Anda, adakah jamur enoki yang diproduksi oleh ketiga pabrik tersebut..? Bila ditemukan kembalikan ke lokasi tempat Anda membeli atau buang.

Jika Anda tidak tahu dari perusahaan mana jamur enoki Anda berasal, sebaiknya buanglah.

Jangan makan makanan apa pun yang dibuat dengan jamur enoki yang ditarik, meskipun jika Anda sudah memakannya beberapa kali dan tidak ada yang menjadi sakit.

CDC juga menyarankan Cuci dan bersihkan semua permukaan dan wadah, atau makanan lain yang ada di lemari es Anda, yang mungkin bersentuhan dengan jamur enoki yang ditarik tersebut. Sebab bakteri Listeria dapat bertahan hidup dalam suhu dingin dan dapat dengan mudah menyebar ke makanan dan permukaan lainnya.

Langkah untuk memberisihkan adalah keluarkan semua barang, makanan yang ada dalam lemari es, bersihkan menggunakan air sabun yang panas, buang makanan yang Anda yang sekiranya bersentuhan dengan jamur enoki dari ketiga perusahaan tersebut.

Gambar 1. Sebaran orang yang terinfeksi oleh Listeria monocytogenes, berdasarkan tempat tinggal, pada 8 April 2020 (n = 36)

Tabel 1, Keterangan Gambar 1,

State Ill People
Arizona 2
California 9
Florida 2
Hawaii 3
Indiana 1
Kentucky 1
Maryland 2
Massachusetts 2
Michigan 1
Missouri 1
Nevada 1
New Jersey 1
New York 4
North Carolina 1
Rhode Island 1
Tennessee 1
Virginia 3
Total 36
Listeria Apa Itu ?
isteria disebabkan oleh infeksi bakteri Listeria monocytogenes yang hidup di air, tanah, dan kotoran hewan, bakteri tersebut bisa masuk kedalam tubuh kita, jika kita meemakan manakan yang terkontaminasi oleh bakteri tersebut.
Infeksi ini tidak berbahaya, namun pada individu seperti wanita hamil, lansia, dan orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, bisa menjadi berbahaya.
Gejala Listeria
Gejala yang muncul eperti flu,
Mual.
Lelah
Demam.
Nyeri otot.
Kejang.
Leher kaku.
Sakit kepala.
Hilang keseimbangan.
Gejala bisa timbul setelah 1 minggu samapai dengan 4 minggu setelah memakan makanan yang terkontaminasi baktei Listeria

Dilaman FDA menampilkan gambar dan keterangan produk sebagai berikut :

Gambar 2, Gambar produk Yang terkontaminasi

Tabel 2. Keterangan Gambar 2

Company Size UPC Code Retailers* Distribution*
Sun Hong Foods, Inc. 200 g/ 7.05 oz. 7 426852 625810 J&L Supermarket, Jusgo Supermarket, ZTao Market, New Sang Supermarket, Galleria Market, Distributors CA, FL, IL, OR, TX, WA
Guan’s Mushroom Co. 200 g/ 7.05 oz. 859267007013 Sold to Distributors and Wholesalers CA, NY, PA
H&C Food Inc. 200 g/ 7.05 oz. 831211204181 Great Wall Supermarket NY, MD, VA

 

(*Amigo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here